Tuesday, February 3, 2009

Visual Kei Style

Visual Kei (Vijuaru Kei), atau visual style, merupakan salah satu gaya atau trend dalam J-Rock. Visual Kei mulai muncul di Jepang tahun 80-an dan semakin populer di tahun 90-an. X Japan salah satu band rock Jepang yang mengusung gaya Visual Kei pertama kali. Kemudian disusul oleh Luna Sea, Malice Mizer, Kuroyume, Shazna, Baizer, Buck-Tick, dll. Bersama dengan X Japan mereka membuat histeris dan booming di jamannya.

Band Visual Kei pasti akan memakai costum yang "aneh" dan "penampilan super dramatic" dalam setiap performance mereka. Kebanyakan fans mereka ya remaja dan wanita2 muda, Pementingan aspek Visual di tiap penampilan mreka jadi cirinya.

Member of the Band biasanya pakai make-up yang dramatis dengan gaya rambut yang super keren, dan g bakal kebayang sebelumnya. Kostumnya cuga ciamik (halah...)..
Uniknya, walaupun band Visual Kei kebanyakan adalah cowok2 keren, tapi band member suka pakai make-up dan pake costum yang "androgony". dibilang cewek enggak, dibilang cowok enggak. Nah disitulah kerennya.. sampai-sampai banyak fans akan ber-cosplay ngikutin cara berpakaian band pujaannya itu, terutama saat konser.

Masing2 band Visual Kei punya ciri khas masing2 yang ngebedain dari band Visual Kei yang lain, contohnya Kaggra. Di tahun2 pertama kemunculannya, ciri khas Kaggra adalah pake Kimono yang eye catching!! Keren banget pokoknya. Tapi ciri khas ini bisa berubah, di PV "Sakebi" mreka justru pake jas. Biasanya perubahan ini karna mreka dah mulai terkenal dan harus menyesuaikan dengan Label (ngerti kan gemana Label gede bekerja???).

Banyak band Visual Kei yang keren. Ciri khas utama dengan "penampilan nomor 1 dan harus beda dari biasanya". Jenis Music Visual Kei g' dibatasin buat pure-Rock aja, mreka bisa bebas berekspresi (hey.. g ada aturan kan...) ada yang Heavy Metal (Onmyo-Za), Punk Rock, dll. Tapi mreka tetep ada di jalur rock.

Hm... biasanya Visual Kei juga dihubungkan dengan gaya lain, seperti Gothic Lolita, Angura Kei, Ero Guro, yang masing2 punya gaya fashion sendiri (next time kucritain tentang mreka).
Tahun 2000an tentu aja ada Miyavi!, Koi Kei X. Mreka mulai menaikkan popularitas Visual Kei. Ada juga Dir en Grey. Yang lagi ngetop di Jepang tu Gazette.

Nah, L'Arc en Ciel Visual Kei. Mereka pernah walk out dari sebuah acara karna host-nya memperkenalkan mereka sbg salah satu band Visual Kei. Well, soalnya mereka bukan.

Mungkin banyak orang akan nganggep Visual Kei itu aneh, punya pikiran: "apaan sih?? norak!!". Well... itu hak mereka. Tapi buat-ku Visual Kei itu keren, salah satu cara buat mengekspresikan diri dengan gaya yang g' biasa, g peduli apa omongan orang.
Japanese Rock tanpa Visual Kei, bagaikan Kopi tanpa gula, pait!!
Hidup Visual Kei!!!

0 komentar:

Post a Comment